Saturday, March 31, 2012

Contoh aplikasi penggunaan decision tree di industri


Contoh aplikasi penggunaan decision tree di industri

Beberapa contoh pemakaian Decision Tree adalah antara lain:
·         Dapat membantu untuk mendiagnosa penyakit tertentu, seperti hipertensi, kanker, stroke, dan lain-lain, sehingga dapat mempermudah dalam industri rumah sakit
·         Untuk membantu kita dalam memilih barang yang akan dibeli sesuai dengan kriteria dari kebutuhan barang tersebut.
·         Untuk memilih pegawai teladan dalam suatu perusahaan dengan kriteria tertentu.
·         Dapat membantu mendeteksi gangguan pada jaringan komputer perusahaan seperti untuk mendeteksi virus di computer.

Contoh Kasus:
1.       Sebuah perusahaan sedang mempertimbangkan apakah harus tender untuk dua kontrak (MS1 dan MS2) yang ditawarkan dari sebuah departemen pemerintah untuk penyediaan komponen-komponen tertentu. Perusahaan ini memiliki tiga pilihan:
·         tender MS1 saja; atau
·         tender untuk MS2 saja; atau
·         tender baik MS1 dan MS2.
Jika tender yang disampaikan perusahaan akan dikenakan biaya tambahan. Biaya ini harus sepenuhnya diperoleh kembali dari harga kontrak. Risikonya, tentu saja, adalah bahwa jika tender tidak berhasil perusahaan akan telah membuat kerugian.
Biaya tender untuk kontrak hanya MS1 adalah £ 50.000. Biaya pasokan komponen jika tender berhasil akan £ 18.000. Biaya tender untuk kontrak hanya MS2 adalah £ 14.000. Biaya pasokan komponen jika tender berhasil akan £ 12.000. Biaya tender untuk kedua MS1 kontrak dan kontrak MS2 adalah £ 55.000. Pasokan komponen biaya jika tender berhasil akan menjadi £ 24.000.
Untuk setiap kontrak, harga tender mungkin telah ditentukan. Selain itu, penilaian subyektif telah dibuat dari probabilitas mendapatkan kontrak dengan harga tender tertentu seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Catatan di sini bahwa perusahaan hanya bisa mengirimkan satu tender dan tidak bisa, misalnya, menyerahkan dua tender (dengan harga yang berbeda) untuk kontrak yang sama.
Pohon keputusan untuk masalah ditampilkan di bawah.
2.       Metal Penemuan Group (MDG) adalah perusahaan yang dibentuk untuk melakukan eksplorasi geologi tanah dalam rangka untuk memastikan apakah deposit logam signifikan (layak eksploitasi komersial lebih lanjut) hadir atau tidak. MDG saat ini memiliki opsi untuk membeli langsung sebidang tanah untuk 3m £.
Jika MDG melakukan pembelian sebidang tanah ini maka akan melakukan eksplorasi geologi tanah. Pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa untuk jenis bidang tanah yang dipertimbangkan eksplorasi geologi biaya sekitar £ 1 juta dan hasil deposito logam yang signifikan dengan probabilitas sebagai berikut:
·         mangan 1%
·         emas 0,05%
·         perak 0,2%
Jika mangan ditemukan maka sebidang tanah dapat dijual untuk £ 30 juta, jika emas ditemukan maka sebidang tanah dapat dijual untuk 250 m £ dan jika perak menemukan sebidang tanah dapat dijual untuk £ 150m. jika mereka ingin, membayar £ 750.000 untuk hak untuk melakukan eksplorasi tes tiga hari sebelum memutuskan apakah akan membeli sebidang tanah atau tidak. Seperti tiga hari tes eksplorasi hanya dapat memberikan indikasi awal apakah deposit logam signifikan hadir atau tidak dan pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa tiga hari tes eksplorasi biaya £ 250.000 dan menunjukkan bahwa deposit logam signifikan yang hadir 50% dari waktu.Jika eksplorasi tes tiga hari menunjukkan deposit logam signifikan maka kemungkinan menemukan peningkatan mangan, emas dan perak untuk 3%, 2% dan 1% masing-masing. Jika eksplorasi tes tiga hari gagal untuk menunjukkan deposit logam signifikan maka kemungkinan menemukan penurunan mangan, emas dan perak menjadi 0,75%, 0,04% dan 0,175% masing-masing.

No comments:

Post a Comment