Monday, August 22, 2011

Apa itu OPERATION PROCESS CHART (Definisi penjelasan OPC)

OPERATION PROCESS CHART (OPC)
Definisi OPC
Operation  Process  Chart  adalah  diagram  yang  menggambarkan  langkah-langkah proses  pengerjaan  material,  mulai  dari  bahan  baku  (material)  hingga  menjadi komponen atau produk jadi.
OPC  memuat  informasi-informasi  yang  diperlukan  untuk  analisis  lebih  lanjut: 

waktu yang dihabiskan, material yang digunakan, dan tempat atau mesin yang dipakai untuk memproses material.  Jadi,  dalam  suatu  Operation  Process  Chart  yang  dicatat hanyalah  kegiatan-kegiatan  operasi  dan  pemeriksaan,  terkadang  pada  akhir  operasi dicantumkan kegiatan penyimpanan.  

Manfaat OPC
1.  Untuk mengetahui kebutuhan mesin dan penganggarannya,
2.  Untuk memperkirakan kebutuhan bahan baku,
3.  Salah satu alat untuk menentukan tataletak pabrik, 
4.  Salah satu alat untuk melakukan perbaikan cara kerja yang sedang berlaku, dan
5.  Sebagai alat untuk latihan kerja.


Prinsip-prinsip Penyusunan OPC
1.  Pada  baris  paling  atas  terdapat  kepala  peta  “Operation  Process  Chart”,  dan identifikasi  lain:  nama  objek  yang  dipetakan,  nama  pembuat  peta,  tanggal dipetakan, cara lama atau cara sekarang, nomor peta, dan nomor gambar.
2.  Material  yang  akan  diproses  diletakkan  di  atas  garis  horizontal,  untuk  menunjukkan bahwa material tersebut masuk ke dalam proses.
3.  Lambang-lambang  ditempatkan  dalam  arah  vertikal,  yang menunjukkan  terjadinya perubahan proses.
4.  Penomoran  terhadap  suatu  kegiatan  operasi  diberikan  secara  berurutan,  sesuai dengan  urutan  operasi  yang  dibutuhkan  untuk  pembuatan  produk  tersebut,  atau sesuai dengan proses yang terjadi.
5.  Penomoran  terhadap  suatu  kegiatan  inspeksi  diberikan  secara  tersendiri  dan prinsipnya sama dengan penomoran untuk kegiatan operasi. 
6.  Pada bagian bawah OPC dibuat ringkasan yang memuat informasi: jumlah operasi, jumlah inspeksi, serta jumlah waktu yang diperlukan.

Secara  sketsa, prinsip-prinsip pembuatan OPC dapat dilihat pada Gambar 5. Berikut  ini
penjelasan untuk tiap proses operasi yang digunakan pada OPC. 


2 comments:

  1. thx 4 article..
    sangat mambantu saya..

    ReplyDelete