Monday, August 22, 2011

Urutan Pembuatan Tools Perencanaan Proses


Urutan Pembuatan Tools Perencanaan Proses

1.    Pembuatan tools perencanaan proses yang pertama adalah pembuatan Assembly Chart (AC), kemudian pembuatan Precedence Diagram (PD). Pembuatan AC dilakukan sebelum PD karena PD dibuat berdasarkan AC. Penulisan keterangan pada PD pun, pada bagian-bagian yang telah diassembly, mengikuti penamaan pada AC (contoh: S9A1).

2.    Bersamaan dengan pembuatan AC dan PD, dilakukan pembuatan Multilevel Tree, kemudian baru Bill of Material (BOM). Pembuatan BOM setelah Multilevel Tree, karena dari pembuatan Multilevel Tree kita dapat menentukan penomoran dan level part, untuk menentukan posisi suatu komponen pada Multilevel BOM, karena komponen yang semakin besar nilai levelnya, penulisan pada Multilevel BOM-nya semakin menjorok ke dalam.

3.    Pembuatan Lembar Rencana Proses (LRP) dapat dilakukan sebelum, setelah, maupun berbarengan dengan proses-proses di atas, karena pembuatannya tidak saling berhubungan. Setelah semuanya, baru dibuat Operation Process Chart (OPC). Karena OPC memuat informasi tentang urutan-urutan proses pembuatan komponen yang terdapat pada LRP, dan juga daftar komponen dan urutan perakitan yang bisa didapat dari BOM, AC, dan PD.

No comments:

Post a Comment