Wednesday, February 29, 2012

Analisis Kesehatan Lingkungan Kerja Bendungan Hoover



Tugas Kesehatan Lingkungan Kerja
Analisis Pada Saat Pembuatan Bendungan Hoover



1.    Faktor-faktor bahaya yang ada pada saat pembuatan bendungan Hoover.
Bendungan Hoover merupakan proyek industri yang tergolong sangat besar dan baru di jamannya. Dengan teknologi yang ada pada saat itu proyek bendungan Hoover memiliki kesulitan dalam tingkat teknis yang sangat tinggi. Berikut factor-faktor bahaya yang ada pada saat pembuatan bendungan Hoover:

a. Letak Geografis. Lokasi pembuatan bendungan Hoover berada pada lingkup pegunungan yang memiliki tebing curam dan bebatuan yang keras. Dengan peralatan yang tidak terstandarkan membuat pekerja bekerja dengan tidak aman.

b.Kondisi cuaca, cuaca empat musim berpengaruh pada laju aliran sungai yang tentunya akan berbahaya apa bila sungai tiba-tiba meluap sementara pekerja masih bekerja di lingkungan sungai.

c.Standar Kerja. Aturan kerja yang diberlakukan pada saat pembuatan bendungan Hoover tergolong tidak manusiawi dari segi waktu kerja, waktu istirahat menyangkut tidur dan makanan yang dikonsumsi pekerja.

d.Perumahan pekerja di lingkungan pembuatan bendungan yang tidak layak.

e.Penggunaan alat pengaman kerja yang seadanya. Seperti helm yang terbuat tari topi baseball.

f.Penggunaan teknologi tidak ramah bagi kesehatan pekerja. Contohnya ialah truk yang menjadi alat bantu mengebor tunel mengeluarkan karbon monoksida yang menjadi racun bagi pekerja.

g.Deadline proyek yang sangat terburu-buru, hal ini membuat pekerja tertekan baik dari segi fisik maupun dari segi mental.

2.    Mengapa terjadi penyakit dan kecelakaan kerja.
Dari faktor-faktor bahaya yang telah dijelaskan diatas, akan sangat mudah bagi para pekerja bendungan Hoover untuk dapat terkena penyakit dan terjadi kecelakaan kerja. Salah satu faktor tersebut ialah kondisi pemukiman pekerja yang tidak layak dimana setelah bekerja keras pada siang hari pekerja harus tidur pada tenda-tenda yang hanya berlapiskan kain.

Standar kerja yang rendah dengan deadline yang tergolong cepat juga menjadi faktor utama kecelakaan kerja yang terjadi di proyek bendungan Hoover. Ketidakberdayaan para buruh yang bekerja pada proyek tersebut memperparah kondisi yang dialami pekerja.

3.    Apa pendapat untuk mencegah dan mengurangi dampak penyakit dan kecelakaan kerja pada pembuatan bendungan Hoover.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penyakit dan kecelakaan kerja pada pembuatan bendungan Hoover:
a.Mengurangi jam kerja pekerja proyek dengan memberlakukan system kerja shift
b.Penyediaan air bersih dan tempat hidup yang layak  untuk para pekerja
c.Pemberian training tentang metode kerja yang benar kepada pekerja sebelum diterjunkan ke lapangan.
d.Mewajibkan untuk menggunakan alat-alat pengaman standar kerja lapangan.
e.Adanya penjadwalan kerja yang baik dan terencana sehingga pekerja mengetahui batasan-batasan pekerjaan mereka dan tidak tertekan secara mental.
f.Penggunaan masker untuk pekerja yang bekerja pada tempat yang memiliki banyak debu atau asap beracun.
g.Disediakan tim medis yang siap sedia untuk bekerja ketika terjadi kecelakaan kerja.

No comments:

Post a Comment