Wednesday, February 29, 2012

Analisis Perusahaan dan Merancang Visi, Misi dan Tujuan


Tugas Organisasi Manajemen Perusahaan Industri


TETAPKAN VISI, MISI, TUJUAN (FINANCIAL/NONFINANSIAL) JIKA ANDA MENJADI MANAJER PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI

Kondisi Existing Produk Madu Hutan PT Madu Hutan Satu

PT Madu Hutan satu saat ini sudah memiliki jalur distribusi yang baik untuk pasar nasional dibeberapa kota besar di Indonesia madu hutan buatan PT Madu Hutan Satu dapat dengan mudah ditemui baik digerai oleh-oleh maupun mini market.

Perusahaan ini memiliki karyawan lebih dari 250 orang, tetapi hanya memproduksi satu jenis produk yaitu madu hutan walaupun dalam pemasarannya produk madu hutan PT. Madu Hutan Satu ini dikemas dengan berbagai bentuk dan ukuran yang telah disesuaikan oleh target pasar yang di tuju.

Sebagai perusahaan yang beranjak besar, pada tahun ini PT Madu Hutan Satu mengalami peningkatan penjualan produk hingga 30% yang sebagian berasal dari pasar domestik. Kapasitas produksi yang ada masih mendukung untuk peningkatan jumlah produksi.

Dalam praktek produksi madu hutan PT Madu Hutan Satu masih banyak ditemui pemborosan seperti produksi berlebih yang kemudian terpaksa harus disimpan di inventori dan dari segi teknik tata cara kerja masih banyak ditemui pekerja yang tidak sesuia dengan bidang yang ia kerjakan. Hal ini terjadi karena kurang baiknya program pengendalian kualitas dan manajemen organisasi yang ada pada perusahaan.

Perusahaan menanggapi respon pasar yang positif dengan merencanakan perluasan pasar dan melakukan pengembangan produk perusahaan serta memperbesar perusahaan dari segi kapasitas produksi madu hutan.

Hubungan dengan pihak-pihak yang menunjang kegiatan produksi madu hutan PT Madu Hutan Satu dalam kondisi baik. Supplier, Serikat Buruh, Masyarakat, Pemerintah dan penyedia dana (bank) memiliki kepercayaan penuh pada PT. Madu Hutan Satu dan menjalani hubungan professional yang harmonis satu sama lain.


1.    Visi
Menjadi perusahaan madu hutan kelas dunia yang memiliki standar kualitas terbaik dan tingkat pelayanan konsumen tertinggi.

2. Misi
    1. Melakukan Ekspansi segmen pasar internasional
    2. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk
    3. Menjalankan bisnis madu hutan dengan kredibilitas tinggi
    4. Mengutamakan kepuasan konsumen
    5. Melakukan innovasi Produk madu hutan
    6. Menerapkan Lean dan Six Sigma pada seluruh aspek perusahaan


3. Tujuan
    A. Jangka Pendek dan Menengah (1-3 tahun)
    1. Innovasi pengemasan produk madu hutan dengan berbagai variansi berdasarkan segmen  pasar yang di targetkan.
    2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara meningkatkan standar rekruitasi pegawai.
    3. Melakukan penataan manajemen kualitas produk madu hutan untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9000 untuk bersaing di pasar global.
    4. Melakukan penataan manajemen lingkungan perusahaan  PT. Madu Hutan Satu untuk mendapatkan sertifikasi ISO 14000 untuk bersaing di        pasar global.
    5. Mempertahankan hubungan kerjasama dengan supplier yang memiliki kredibilitas baik
    6. Mengeliminasi pemborosan yang ada pada perusahaan dengan penerapan konsep-konsep Lean dan Six sigma pada seluruh aspek perusahaan

    B. Jangka Panjang (5 tahun)
    1. Meningkatkan profit sampai 300% dengan meluaskan pasar ke pasar Asia dan Internasional
  2. Meningkatkan jumlah asset perusahaan sebesar 200% dihitung dari nilai equitas/asset perusahaan selama 5 tahun.
    3. Menjadi perusahaan terbuka (go public) untuk terus memperlebar sayap perusahaan.


No comments:

Post a Comment