Wednesday, October 5, 2011

Analisis Penggunaan PTKTK Teknik Industri


Analisis Penggunaan PTKTK

Peta tangan kanan tangan kiri adalah suatu peta setempat yang menggambarkan seluruh gerakan-gerakan yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan saat bekerja maupun saat mengganggur. Peta tangan kanan tangan kiri digunakan untuk menganalisis gerakan-gerakan yang efisien dan diperlukan saat melaksanakan pekerjaan. Metode pemetaan ini tentunya juga berperan dalam perancangan tata letak stasiun kerja agar tercipta stasiun kerja yang baik sehingga dapat meminimasi waktu produksi.
Peta tangan kanan tangan kiri juga dapat menunjukkan perbandingan tugas atau beban kerja yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan. Gerakan kerja yang kurang efisien akan terlihat pada peta tangan kanan tangan kiri sehingga membantu perubahan SOP untuk diikuti pekerja. Perubahan SOP ini bertujuan untuk mengurangi gerakan-gerakan yang tidak diperlukan pekerja dalam proses produksi sehingga proses produksi mencapai waktu yang minimal dan mencapai kondisi kerja yang EASNE.
Dalam penerapannya di industri, peta tangan kiri tangan kanan digunakan sebagai salah satu dasar untuk menetapkan SOP dan waktu standar untuk pembuatan sebuah produk. Dari waktu standar ini kemudian dapat dirancang sistem produksi seperti perencanaan jumlah mesin yang digunakan, jumlah pekerja yang diperlukan, penjadwalan produksi, dan perhitungan biaya produksi. Selain itu, dalam industri manufaktur besar, peta tangan kiri tangan kanan juga digunakan sebagai dasar perancangan gerakan robot atau mesin dalam proses manufaktur sehingga mencapai waktu produksi per produk yang minimal.

No comments:

Post a Comment