Wednesday, April 10, 2013

Tahap 2 MEASURE | Analisis Sistem Pengukuran & Analisis Kapabilitas Proses


 Tahap 2 MEASURE | Contoh Studi Kasus Pengendalian dan Penjaminan Mutu (PPM)

 Tahap 2 MEASURE | Analisis Sistem Pengukuran & Analisis Kapabilitas Proses

Tahap ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami kondisi proses yang sedang berlangsung. Tahap ini juga mencakup mengumpulkan data tentang kualitas, ongkos, waktu dan sebagainya. Penentuan jenis data dan berapa banyak data yang harus dikumpulkan juga harus dilakukan dengan baik. Data diambil bisa dari mempelajari historical records atau melalui observasi. Data yang dikumpulkan bisa ditampilkan dengan histogram, stem-and-leaf diagram, run chart, scatted diagram dan pareto chart.

Analisis Sistem Pengukuran

Masalah yang muncul dalam pengukuran adalah variabilitas pengukuran yang dinyatakan dalam varian( variance ). Varian total suatu pengukuran berasal dari varian yang ditimbulkan oleh produk (part to part) dan varian akibat kesalahan pengukuran (gage).

Sumber variability dalam hasil pengukuran adalah



Analisis Kapabilitas Proses

Kapabilitas suatu proses menggambarkan seberapa pas (uniform) proses tersebut. Analisis kapablitas proses dilakukan dengan memperbandingkan kinerja suatu proses dengan spesifikasinya, suatu proses memiliki kapabilitas bila semua nilai variabel yang mungkin, berada dalam batas spesifikasi.
Kapabilitas suatu proses bisa ditentukan dengan:
- Cp dan Cpk
- Pp dan Ppk
- Proses Sigma

Sebelum memulai pengambilan data, peneliti terlebih dahulu mengidentifikasi jenis-jenis cacat yang ada. Kemudian peneliti melakukan pengukuran Gauge R&R terhadap sistem pengukuran. Analisis sistem pengukuran meliputi accuracy, repeatability, reproducibility, dan stability.
Pengumpulan data dilakukan pada setiap stasiun kerja peeling dan inspeksi berupa unit produk si yang dikerjakan dan unit rework/cacat yang terjadi. Pengumpulan data ditampilkan dengan diagram pareto. Diagram pareto digunakan dalam tahap analisis.

Lajut ke tahap 1 Klik disini, ke tahap 3, ke tahap 4&5

No comments:

Post a Comment