Thursday, August 25, 2011

TOKOH DAN KONSEP TEKNIK INDUSTRI PASCA TAYLOR

PASCA TAYLOR
1.    CARL BARTH

Carl Barth adalah seorang matematikawan dan bertindak sebagai konsultan untuk memperkenalkan “sistem Taylor” kepada beberapa perusahaan. Barth mengembangkan formula 12 variabel dalam pemotongan metal yang diperkenalkan dalm buku Taylor, “Shop Management”. Untuk mengaplikasikan formula ini, ia mengembangkan “Barth complete feed and speeed slide rule”.


2.    MORRIS COOKE

Cooke adalah salah satu dari empat engineer yang dipilih oleh Taylor untuk mengajarkan “Teori Taylor”. Keempat engineer itu adalah Barth, Cooke, Gantt, dan Hathaway. Ia menerapkan metode ilmiah untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada City Goverment.



3.    HARRINGTON EMERSON

Harrington adalah seorang guru bahasa yang menjadi seorang engineer. Ia memilih untuk membantu manager, terutama di bisnis rel kereta api, untuk mengurangi biaya, yang mana sekarang menjadi tujuan utama semua teknik industri. Emerson dikenal dari pernyataannya yang mengejutkan yaitu perusahaan rel kereta api dapat menghemat sampai satu juta dollar per hari dengan menggunakan scintific management. Dia menekankan konsep efisiensi yang diperkenalkannya dalam makalah yang berjudul “12 Principles of Efficiency”. Kemudian artikel tersebut dipublikasikan dalam bentuk buku yang berjudul “Efficiency As a Basis for Operation and Wages (1909).

4.    HENRY GANTT

Henry Gantt adalah seorang engineer sekaligus seorang konsultan. Ia adalah teman Taylor dan Gilbreths. Penemuannya yaitu Gantt Chart (peta hubungan pekerja, mesin, dan waktu untuk penjadwalan produksi) menjadi metode untuk mengembangkan perencanaan dan kontrol produksi. Gantt juga mengemukakan prinsip peningkatan produktivitas melalui imabalan uang bagi yang berprestasi.

5.    DWIGHT V. MERRICK
Karyanya adalah Wage Incentive Plan, sama seperti Gantt ia juga membuat rencana insentif untuk peningkatan produktivas melalui imbalan uang bagi yang berprestasi.

No comments:

Post a Comment