Thursday, September 29, 2011

Apa itu Kemampuan penglihatan parsial Visual-spasial


1.       Kemampuan penglihatan parsial
kemampuan Visual-spasial adalah kemampuan untuk secaca mental memanipulasi benda-benda  2-dimensi dan 3 dimensi. Kemampuan ini dapat diukur dengan tes kognitif sederhana yang dapat mempresdiksi kinerja pengguna ketika dihadapkan dengan beberapa jenis user interface.
Beberapa jenis tes kognitif seperti VZ-1 (Form Board), VZ-2 (Paper Folding), dan VZ-3 (surface Development:
1.       Form Board test melibatkan peserta diberikan sebuah bentuk  dan satu set bentuk yang lebih kecil. They are then instructed to determine which combination of small shapes will fill the larger shape completely without overlapping.Mereka kemudian diinstruksikan untuk menentukan kombinasi bentuk benda kecil mana yang akan mengisi bentuk yang lebih besar tanpa tumpang tindih.
2.       Uji Paper Folding melibatkan peserta untuk menunjukkan urutan lipatan dalam secarik kertas, di mana satu set lubang kemudian diberikan pada kertas tersebut. The participants must choose which of a set of unfolded papers with holes corresponds to the one they have just seen. Para peserta harus memilih mana dari satu set lipatan kertas tersebut yang memiliki lubang sesuai dengan yang mereka baru saja lihat.
3.       Uji Surface Development melibatkan peserta dengan memberikan bentuk datar dengan sisi bernomor dan bentuk tiga dimensi dengan sisi berhuruf dan meminta para peserta untuk menunjukkan sisi yang jumlahnya sesuai dengan sisi berhuruf. 

1 comment: