Thursday, September 29, 2011

Cara Pendekatan yang Dilakukan Dalam Ilmu Psikologi


PENDEKATAN (BIOLOGI-SARAF)

Memahami aspek perilaku  pemahaman tentang proses kerja antara otak dengan sistem saraf

Setiap kejadian yang dialami  penjabaran aktivitas otak berserta sistem saraf

Misal: penemuan baru berhubungan erat antara aktivitas otak dengan perilaku & pengalaman

Hambatan: keterbatasan dalam memahami otak manusia yang kompleks (12 milyar sel saraf)


PENDEKATAN (PERILAKU) (1)
WATSON: studi mental, data diperoleh sebagai hasil observasi sendiri (self observation) yang direkam dalam form introspeksi

Introspeksi: pendekatan yang hanya dapat menghasilkan gambaran secara individual & bersifat privat, tidak dapat digeneralisir

Psikologi = ilmu  harus bisa diobservasi dan dapat diukur

Kita sendiri yang dapat mengintrospeksi persepsi & perasaan dan orang lain hanya dapat mengobservasi perilaku kita

Pendekatan observasi: mengenal perilaku seseorang sebagai ilmu psikologi yang objektif
SKINNER: 

Stimulus-Response (SR) Psikologi

Input (ransangan) & output (respon)

Pendekatan black-box: tidak memperhatikan bagaimana proses dalam organisme

Misal: pendekatan reward & punishment  mendorong terjadinya proses pembelajaran dengan cepat, minimasi kesalahan


PENDEKATAN (KOGNITIF)
Manusia: 

Setiap ransangan akan diproses secara aktif

Informasi akan diterima (melalui penglihatan, pendengaran, ingatan) & ditransformasikan dalam bentuk kategori baru di dalam otak untuk kemudian digunakan sebagai dasar untuk melakukan aktivitas (berbicara, membaca, belajar)
Kognitif proses mental dari persepsi, memori & proses pengolahan informasi:
mempunyai pengetahuan baru
memecahkan masalah
menyusun rencana masa depan

Psikologi kognitif: studi saintifik tentang kognisi

Tujuan: 
Mengembangkan teori yang dapat menjelaskan bagaimana berorganisasi & berfungsinya proses mental: proses menerima, memilih, menggunakan stimulus (informasi) untuk digunakan sebagai dasar bertindak, membuat keputusan atau membuat 
CRAIK:

Otak manusia seperti komputer yang memiliki kemampuan untuk modeling atau bekerja paralel

Analog dengan kerja komputer (sistem pengelola informasi): informasi yang masuk diproses dengan berbagai cara: dipilih, diambil & dibandingkan dengan informasi lain yang dimiliki dalam memori, ditransformasi, disusun, dsb.


PENDEKATAN (PSIKO-ANALITIK)
FREUD:

Perilaku manusia merupakan suatu unjuk laku yang muncul akibat proses di bawah sadar

Cara berpikir, rasa takut, keinginan seseorang muncul secara tidak sadar & berpengaruh pada perilaku

Impulse bawah sadar seseorang akan terbentuk karena dorongan atau akan mati karena perlakuan yang diterima seseorang dari lingkungannya sejak masa kecil
FREUD:

Impulse muncul pada saat mimpi, kesalahan saat bicara, atau gejala sakit mental

Manusia bukan mahluk rasional: manusia memiliki instink dasar sama dengan hewan (perilaku manusia berdasarkan pada kebutuhan dasar sex dan bersifat agresif) dan selalu bertentangan dengan nilai-nilai kehidupan sosial

Manusia tidak akan mampu hidup bersama secara damai


PENDEKATAN (PHENOMENOLOGI) 
FOKUS: 
Pengalaman subjektif  pemahaman tentang dunia, melakukan suatu aktivitas berdasarkan interpretasi tentang kejadian atau fenomena atas dasar pengalaman yang dimiliki

Mempelajari karakter alami manusia dalam menginterpretasikan diri & dunia melalui observasi setiap aktivitas

Menolak konsep perilaku seseorang dikendalikan oleh bawah sadar (teori Psikoanalitik) & reaksi terhadap faktor luar (teori Perilaku)
Perilaku seseorang bukan merupakan reaksi atas kekuatan luar yang terkendali, namun merupakan suatu aktualisasi diri sebagai seorang aktor yang mampu melawan takdir

Keyakinan bahwa setiap manusia mampu membangun jalan hidupnya masing-masing, karena memiliki kebebasan untuk memilihj dan menentukan tujuan hidup, sehingga kita dapat menyusun rencana untuk memilih jalan hidupnya

Pendekatan humanistik  pendekatan yang secara tegas membedakan antara manusia & binatang – khususnya sehubungan dengan konsep kebebasan untuk menemukan aktualisasi diri  teori motivasi


No comments:

Post a Comment