Wednesday, August 17, 2011

Penentuan Keputusan Make (membuat) or Buy (membeli) Setiap Part

Penentuan Keputusan Make or Buy Setiap Part


    Pengambilan keputusan untuk membuat atau membeli part dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

•    Biaya yang dibutuhkan, apakah lebih murah membeli atau membuat sendiri
•    Jumlah part yang dibutuhkan, bila jumlahnya terlalu sedikit akan sulit untuk menemukan supplier yang bersedia untuk membuatnya
•    Kompleksitas part, apakah part sangat kompleks sehingga memungkinkan supplier membuat part tidak sesuai dengan yang diinginkan
•    Menjaga kerahasiaan desain part perusahaan
•    Untuk menjaga kualitas part sesuai dengan standard perusahaan
•    Waktu yang dibutuhkan untuk membuat part
•    Kemampuan perusahaan dalam membuat part
•    Prefrensi merk tertentu
•    Ketersediaan tenaga ahli yang dimiliki perusahaan


Upper Base & Bracket Lower Arm
Upper base & bracket lower arm merupakan part inti dari dongkrak. Lamanya durasi yang dibutuhkan untuk membuat kedua part ini tentu membutuhkan presisi tinggi dalam proses pembuatannya, sehingga perusahaan memutuskan untuk membuat sendiri kedua part iniMembuat sendiri kedua part ini tentu akan menjaga kualitas serta kerahasiaan desain produk perusahaan. Kemapuan perusahaan yang memiliki mesin press tentu akan menghemat biaya untuk membuat sendiri daripada membeli. (make)

Upper Arm & Lower Arm
Upper arm & lower arm juga merupakan part inti dari dongkrak. Kompleksnya bentuk kedua part ini dapat menyebabkan supplier memproduksi part yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Proses produksi part yang tidak memakan waktu yang banyak juga menjadi pertimbangan perusahaan untuk membuat sendiri kedua part ini. (make)

Bolt Shaft
Bolt shaft merupakan komponen kritis pada dongkrak. Keakuratan dan kepresisian komponen juga sangat dibutuhkan agar dongkrak dapat digunakan dengan baik. (make)

Nut Shaft & Bush Shaft
Kedua part ini merupakan komponen yang membutuhkan keakuratan yang tinggi agar dapat diassembly dengan komponen kritis lainnya. Singkatnya waktu yang dibutuhkan serta sedikitnya material yang terbuang dalam proses pembuatan kedua part ini juga menjadi pertimbangan perusahaan untuk membuat sendiri kedua komponen ini. (make)

Bracket Handle & Stopper Bush

Bracket handle & stopper bush termasuk komponen yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Besarnya material yang terbuang berdampak juga pada biaya yang dikeluarkan untuk membuat sendiri. Keakuratan dan kepresisian pada komponen juga tidak terlalu berdampak besar pada dongkrak sehingga lebih baik membeli komponen daripada membuat sendiri. (buy)


Fastener (Bolt Hex Socket M5x10, Bolt Hex Socket M8x10, Bolt LM4x16, Ring M8, Ring M5)
 Semua fastener tidak ada yang dibuat sendiri oleh perusahaan. Supplier fastener sudah memiliki standard fastener yang sudah menjadi konvensional secara universal sehingga akan lebih mudah dan murah bila membeli dari supplier.  Selain itu fastener dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar sehingga akan lebih murah bila dibeli. (buy)

No comments:

Post a Comment