Wednesday, August 17, 2011

Penjelasan Keberadaan Perencanaan Proses Dalam Grand Design Manufaktur


Berikut Penjelasan Keberadaan Perencanaan Proses Dalam Grand Design Manufaktur  

 
Dari tabel siklus manufaktur diatas, posisi perencanaan proses berada setelah riset pasar dan perancangan produk. Di dalam dunia industri riset pasar dilakukan untuk mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan kondisi persaingan pasar produk tersebut, sedangkan perancangan produk dilakukan berdasarkan hasil dari riset pasar. perencanaan proses sendiri berada dalam lingkup sistem manajemen produksi yang berhubungan langsung dengan proses aliran material serta pengendalian produksi seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


perencanaan proses secara definisi ialah persiapan mengenai urutan pengerjaan yang menjelaskan bagaimana memproduksi suatu barang atau menggabungkan sebuah bagian-bagian part menjadi sebuah produk jadi yang memenuhi spesifikasi desain teknik. (bedworth)
pada praktikum kali ini digunakan beberapa tools untuk melakukan perancanaan proses yaitu Lembar Rencana Proses (LRP), Assembly Chart (AC), Precedence Diagram (PD), Bill of Material (BOM) dan Operation Proses Chart(OPC) yang kesemuanya itu memberitahukan informasi mengenai urutan pengerjaan, mesin dan tools yang digunakan, material yang diibutuhkan, toleransi, parameter permesinan dan semua yang dibutuhkan untuk dibawa ke proses selanjutnya yaitu proses perancangan metode kerja, penghitungan waktu standar dan perbaikan produktivitas sebelum akhirnya masuk kelantai produksi.
Keberhasilan dalam satu siklus manufaktur sangat dipengaruhi oleh perencanaan proses terutama dalam hal effisiensi dan effektivitas yang tentunya akan secara langsung mempengaruhi produktivitas suatu perusahaan.

Laporan Praktikum PTI1 Modul 1 TI-ITB 2011/2012

1 comment:

  1. terimakasih infonya, saya jadi tahu perencanaan proses berada setelah riset pasar dan perancangan produk kemudian akan dilanjutkan ke proses manufaktur

    ReplyDelete